Jumat, 13 Juli 2012

Ketika TUHAN menebar Pengampunan

Tuhan pernah mengatakan:” Wahai para malaikat, lihatlah hamba-hambaku, sesungguhnya aku telah mengampuni dosa-dosa mereka”. Ini dikatakan saat umat islam telah merampungkan puasa ramadhan, dan pada detik-detik sholat idul fitri. Betapa Agung pengampunan-Nya. Betapapun besar dosa-dosa yang dilakukan oleh hamba, Allah tetap membuka pintu maaf, kecuali mereka yang tidak mau bertaubat, dan masih berbuat dholim.
Ada tiga dosa besar yang tidak diperkenankan masuk surga, kecuali telah bertaubat kepada-Nya. Di antara tiga orang tersebut ialah pemutus tali persaudaraan atau yang disebut dengan Qotiu al-Rahmi. Qatiu Al Rahmi berasal dari bahasa Arab, artinya memutus silaturahmi. Menurut pengertinya ”orang mukmin yang bersaudara, tetapi karena ada permasalah, maka dengan cepat memutuskan tali persaudaraan dengan tidak saling menyapa (satru). Indikasi Qotiu Al Rohmi karena banyak faktor, akan tetapi yang paling dominan adalah persoalan materi; mislanya warisan, utang piutang, wanita; merebut cinta orang lain, mengaggu istri orang lain, kekuasaan atau jabatan; misalnya iri dengan kedudukan jabataan, perbutan posisi.
Fenomena saat ini, sering kita temuakan antara tentangga tidak menyapa karena urusan utang, urusan wangkit ( pagar), rebutan lahan parkir. Dikalangan elit, banyak yang berebut posisi (kursi), atau rebutan jabatan. Sehingga menimbulkan dampak yang negatif. Di kalangan partai politik, banyak yang rebutan posisi ketua, sekjen sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan partainya.
Adakalanya perseteruan ini hingga menimbulkan satru (tidak saling) menyapa sesama muslim atau bersaudara saling membenci, silaturahmi terputus. Adakalanya dikarenakan sebuah perceraian, muncul rasa benci bahkan dendam, sehingga putus silturahmi. Qotiu Al Rahmi, yang dibenci oleh Allah adalah karena rasa sombong, tidak ada kemauan memaafkan. Jika ini terjadi, maka Allah SWT telah menyiapkan tempat di akhirat kelak yaitu di Neraka. Andaikata, seseorang beribadah siang dan malam, dijidatnya terlihat hitam karena banyak bersujud, bersedekah setiap saat, akan tetapi mereka suka memutuskan silaturahmi, bahkan sudah menjadi hobi, maka Allah tidak akan menerimanya sampai mereka bertaubat. 
Hadis Nabi mengisaratkan seputar pemutus silaturahmi yang berbunyi ” 
عن أبي جرير أن أبا بردة حدثه عن حديث أبي موسى رضي الله عنه : أن النبي صلى الله عليه و سلم قال : ثلاثة لا يدخلون الجنة : مدمن الخمر و قاطع الرحم مصدق بالسحر (رواه الحاكم رقم 7234)
Artinya “ diriwayatkan oleh Abi Jarir bahwasanya Aba burdah menceritakan dari hadis abi Musa RA, bahwasanya Nabi SAW mengatakan;’’ peminum khomer (pemabuk), pemutus silaturahmi, menyetujui sihir.
Tiga orang sangat membahayakan, yakni pemabuk, seperti minum arak, ekstasi, sabu-sabu, ganja. Kemudian, pemutus seduluran, artinya tidak mau memanafkan, bahkan hatiya tetutup, sering menyakiti tetangga, kerabat dengan tidak menyapa.Kemudian orang-orang yang kong kalikong dengn tukang sihir atau santet. Bahkan ikut serta memperlancar. Maka, tuhan tidak akan memaafkan, selama mereka belum bertabaut dengan sesungguhnya

1 komentar:

Anonim mengatakan...

howdy triadi-gemblung.blogspot.com owner discovered your blog via Google but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have discovered site which offer to dramatically increase traffic to your site http://cheap-mass-backlinks.com they claim they managed to get close to 4000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my website. Hope this helps :) They offer best services to increase website traffic Take care. Richard